Berteman dengan orang-orang yang
suka buku.
Saat
Anda membuat postingan promosi buku, tentu akan berpotensi terjadi banyak
penjualan bila teman-teman FB Anda adalah orang-orang yang suka buku. Jualan
buku jangan cuma mengandalkan teman dekat. Pengguna FB ada jutaan, maka dari
sekian banyak itu, add-lah orang-orang
yang suka buku.
Gabung ke grup FB Jual Beli Buku.
Kronologi
FB ibarat warung di rumah. Grup FB itu ibarat pasar. Selain posting di wall FB
pribadi, kita perlu posting di di grup-grup jual beli buku agar semakin
meningkatkan jumlah penjualan.
Amati Postingan Di Grup FB
Bila
ada orang yang membuat postingan cari buku, langkah pertama yang kita tempuh
adalah add FB-nya dia. Kalau kita punya buku yang dia cari, maka komentar lah
di postingannya. Lebih mantap lagi, sapa dan kirimi penawaran via inbox FB.
Bila
ada postingan seorang penjual yang banyak dikomentari orang, coba para
komentatornya di add semua. Tujuannya bila nanti Anda posting promo buku,
orang-orang tadi pun bakal melirik. Kalau pas Anda membuat promo yang sangat
menarik dan menggiurkan, pasti di antara mereka bakal ada yang beli.
Promosikan buku-buku best seller dari penulis ternama
Misalnya, promokan buku-buku
karya Tere Liye, Asma Nadia, Habibburahman El Shirazy, Pramoedya Ananta Toer,
Tan Malaka, Andrea Hirata, Eka Kurniawan, Dee Lestari, DLL.
Promosikan buku-buku baru yang bagus
Misal ada buku baru terbit
awal Februari, eh kita mengiklankan buku itu akhir Maret, ya keburu para
pembaca buku pada beli ke penjual buku lain yang up to date.
Buka Pre Order (PO) buku dari penulis ternama
Saya sendiri bulan Januari
kemarin membuka Pre Order novel Muhammad 3 karya Tasaro GK dan Hujan karya Tere
Liye. Peminatnya banyak. Sebab dua penulis tadi sudah punya nama besar, setiap
karyanya yang akan terbit selalu tak sabar dinanti pembaca setianya. Para
pelanggan tentu mau PO karena bisa mendapat harga yang lebih murah (dari harga
setelah ready stock). Selain itu biasanya kalau PO, buku akan dapat tanda
tangan penulis. Februari ini, saya juga membuka PO novel Intelegensi Embun Pagi
(Dee Lestari), Memeluk Masa Lalu (Dwitasari), Sepotong Senja Untuk Pacarku
(Seno Gumira Ajidarma). Dan nanti juga akan buka novel Pre Order novel Dilan
part 3.
Posting pada jam-jam yang strategis
Maksudnya ialah, posting
pada saat banyak orang sedang online. Sehingga posting Anda akan dilihat banyak
orang dan berdampak pada penjulan yang bagus. Yang perlu diperhatikan juga,
buatlah script iklan yang menarik, sehingga orang tak hanya sekilas melihat
iklan kita, tapi membacanya sampai tuntas. Misalnya posting iklan pukul 12.00-13.00,
pukul 16.00-17.30, dan pukul 19.30-21.00. Pada jam-jam tadi, banyak orang yang
sedang istirahat atau bersantai, alias ada waktu luang membuka FB. (bersambung)
0 komentar:
Posting Komentar