Sebagian teman di sini pasti sudah tahu cara dapat target market yang "aduhai". Misalnya, kita mau jualan buku "Atlas Wali Songo" karya Agus Sunyoto. Kita bisa "jalan-jalan" dulu ke Akun FB nya penulis buku tersebut. Kita add orang-orang yang pada rajin komentar di statusnya beliau.
Kita coba jalin interaksi yang "aduhai" dengan orang-orang tersebut. Misalnya, rajin like status mereka, lalu komentari statusnya, sapa via inbox atau ucapkan "terima kasih" karena sudah konfirmasi pertemanan.
Misal sewaktu-waktu kita upload promosi bukunya Agus Sunyoto (dan kebetulan promosinya muncul di berandanya "si target market"), kemungkinan mereka akan tanya-tanya/pesan kepada kita. Kemungkian juga mereka akan menghubungi kita lagi, jika mereka butuh buku-buku yang lain.
Agus Sunyoto pun punya beberapa buku best seller lain seperti "Sastra Jendra Hayuningrat", "Suluk Abdul Jalil" (jilid 1-7). Orang-orang yang membaca buku-bukunya Agus Sunyoto, tentu sebagian besar dari kalangan pesantren. Kalau kita mau melesatkan jumlah penjualan, kita coba juga tawarkan ke anak-anak pesantren yang hobi baca buku. Atau gak, kita minta tolong dia buat bantu promosikan jualan kita. Aku juga sudah minta tolong teman-temanku yang pesantren buat BC-kan materi promosiku.
Kemarin aku juga dapat 3 pelanggan dari pesantren Krapyak Yogyakarta. Pelanggan kesatu beli 1 eksemplar, pelanggan kedua cuma 1 eksemplar dan akan COD, pelanggan ketiga beli 7 eksemplar (dan akan dijual lagi olehnya).
0 komentar:
Posting Komentar