KEUNTUNGAN BERGABUNG MENJADI
RESELLER #RinduBuku
1.
Nyaris tanpa
modal. Yang paling utama modal paket data atau koneksi ke wi-fi buat online.
2.
Kerja mudah dan
nyaris tanpa resiko. Tidak perlu menyetok barang, tidak repot
ambil-packing-kirim barang (kami yang mengerjakannya).
3.
Dapat
penghasilan jutaan (jika serius) dan dapat pahala (jika diniati ibadah).
4.
Dapat
pengalaman berharga, relasi yang luas dan turut andil mencerdaskan kehidupan
bangsa dengan cara menyalurkan buku-buku bermutu ke berbagai daerah.
5.
Dibimbing/diberi
materi agar skill jualan meningkat dan omzet makin melesat.
6.
Mendapat materi
tentang meningkatkan penjualan buku dan bisa sharing/diskusi dengan
reseller-reseller yang lain di Grup FB yang saya kelola.
7.
Diberi
bonus-bonus secara berkala (bonus bisa buku, pulsa, dan lain-lain).
8.
Jika dalam 6 (enam)
bulan reseller mampu mengumpulkan 1000 poin, akan diberi hadiah langsung uang
tunai Rp. 1 juta.
9.
Jika dalam 12
(dua belas) bulan mampu mengumpulkan 3.000 poin, akan diberi hadiah langsung
tour ke salah satu negara ASEAN (Singapura atau Malaysia, nanti saya yang
tentukan).
Keterangan:
a)
buku yang harga
banderol minimal Rp. 45.000 dinilai 1 poin.
b)
buku yang harga
banderol minimal Rp. 90.000 dinilai 2 poin.
c)
buku yang harga
banderol minimal Rp. 135.000 dinilai 3 poin.
d)
buku yang harga
banderol dibawah Rp. 45.000 tidak mendapat poin.
e)
misal saat
bulan ke enam reseller sudah dapat 1.000 poin, maka ia dapat hadiah langsung
uang tunai Rp. 1 juta. Ketika hadiah uang tunai Rp. 1 juta sudah diberikan,
1.000 poin yang sudah dikumpulkan tidak otomatis hilang/hangus. Reseller hanya
perlu mengumpulkan/menambah 2.000 poin lagi (sampai bulan keduabelas) agar bisa
hadiah langsung tour ke salah satu negara ASEAN. Jika cuma mampu menambah 1000
poin atau kurang dari 2.000 poin, maka reseller tak dapat hadiah tour ke luar
negeri, namun reseller akan dapat tambahan hadiah uang tunai lagi sejumlah Rp.
1 juta.
f)
jika sampai
bulan keenam reseller tidak bisa mengumpulkan 1.000 poin, maka tidak mendapat
hadiah uang tunai sama sekali.
g)
hadiah-hadiah
uang tuani Rp. 1 juta dan tour ke luar negeri ini hanya saya berikan kepada
reseller yang mendaftar pada periode ini (Juni 2016).
SYARAT JADI RESELLER #RinduBuku
1.
Kirim data diri
Anda, meliputi; a) nama, b) jurusan kuliah, c) asal kampus, d) alamat
kos/asrama/pondok, e) alamat rumah, f) No. HP
2.
Infokan akun media
sosial milik Anda dan berapa jumlah teman/follower/kontaknya (urutan
berdasarkan akun medsos yang PALING SERING DIPAKAI. Contoh: 1. Fb/Amin
Sahri/4.990, 2. BBM/579887DF/1.200, 3. WA/089615671902/500, 4. IG/2.200, 5.
Twitter/@bocah_pejuang/200, dst).
3.
Sebutkan 10
nama penulis yang karyanya sangat bagus dan pernah Anda.
4.
Dalam satu
bulan, minimal harus mampu jual 30 buku di bulan pertama, bulan kedua dan seterunya target penjualan minimal 20 eksemplar. Nanti reseller akan dibimbing agar
jualannya laris. Saat ini, sekitar 85% reseller saya mampu melampui target laku
30 buku per bulan dan sebagiannya mampu jual sekitar 100 buku per bulan.
5.
Sejak resmi
bergabung, maka reseller mesti berkomitmen menjalankan kerja sama minimal
selama 1 (satu) bulan.
6.
Membayar biaya
bimbingan reseller baru sejumlah Rp. 100.000 ke BRI 175301000377534 atau BNI
0354425001 atas nama Amin Sahri. Biaya bimbingan akan DIKEMBALIKAN 100% jika
reseller mampu jual minimal 30 buku dalam 1 (satu) bulan.
7.
Butir-butir
intruksi dari point 1 sampai 6 ditunggu respon/jawabannya paling lambat tanggal 15.
PANDUAN BAGI RESELLER #RinduBuku
1.
Pada waktu
normal, jam layanan pelanggan/reseller mulai pukul 09.00 – 21.00. Jika ada
orderan atau pertanyaan buku di atas pukul 20.00, maka akan direspon/diproses
keesokan harinya. Jika ada orderan/pertanyaan seputar buku sebelum pukul 09.00,
sebagiannya akan saya jawab setelah pukul 09.00, sebagiannya akan langsung
dijawab jika memang saya sedang luang dan ‘mampu’.
2.
Jam layanan
pelanggan/reseller akan menyesuaikan situasi jika ada hal-hal tertentu.
Misalnya saat bulan puasa, saat saya sedang KKN, saat saya sedang banyak tugas
magang, sedang acara di luar kota, dan lain-lain.
3.
Jam layanan
pukul 09.00 – 20.00 berlaku hari Senin - Jumat. Hari Sabtu jam layanan sampai
pukul 13.00. Hari Minggu layanan/reseller LIBUR. Jadi saat-saat jam off
layanan, maka pelanggan/reseller harap maklum bila chat-chatnya tidak/belum
dijawab (meski kadang sudah di-read).
4.
Saya akan
memberikan beberapa katalog buku dalam bentuk file via inbox FB/email. Saya
juga akan sering share foto dan harga-harga buku di Grup FB (Reseller Rindu
Buku).
5.
Diskon untuk
reseller sekitar 15%-30%. Tergantung dari penerbit mana. Besaran diskon bisa
berubah jika saat barang langka atau saya mengambil barang tersebut dari pihak
yang berbeda.
6.
Jasa ekspedisi
yang PALING SERING saya gunakan yakni Pos Indonesia dan JNE (karena yang PALING
DEKAT dengan tempat saya). Kadang saya
juga memakai ekspedisi Wahana dan NCS.
7.
Untuk cek
ongkos kirim (ongkir), reseller bisa download aplikasi “Raja Ongkir” di
playstore, bisa juga cek ongkir di cektarif.com. Kota asal kirim dari
Yogyakarta.
8.
Layanan utama
ekspedisi yang saya gunakan yakni JNE Reg dan Pos Kilat. Jika dalam Jawa saya
mengarahkan kirimnya via JNE Reg/Pos Kilat, kalau luar Jawa bisa via JNE
Oke/layanan yang lain. Jika pelanggan minta kirim via Pos Express maka
pelanggan harus transfer dan konfirmasi sebelum jam 11 Pagi (dan menyesuaikan
judul buku yang dipesan, jika buku langka/buku tidak populer, akan saya
konfirmasikan bisa kirim via Pos Express atau tidak, sebab kadang proses/alur
ambil/pengadaan barangnya juga agak lama). Jika pelanggan minta dikirim via JNE
YES (Yakin Esok Sampai) maka harus transfer dan konfirmasi sebelum jam 3 sore
(dan menyesuaikan judul buku yang dia pesan).
9.
Secara umum,
ongkir ekspedisi itu dihitung per Kg. 1 (satu) Kg biasanya muat 3 buku tebal
standar (300-an halaman, kertas bookpapaer). Yang beda itu varian ongkir via
Pos Indonesia, ada kategori ongkir per 100 gram, 200 gram, 500 gram, 1000 gram,
1500 gram. Secara garis besar, ongkir Pos Indonesia lebih murah dari JNE, namun
untuk tujuan beberapa kota besar, bisa lebih murah JNE daripada Pos Indonesia.
Yang perlu diperhatikan juga, berat 1300 gram, oleh JNE masih dihitung ongkir 1
Kg, berat 2300 gram masih dihitung ongkir 2 Kg (beda dengan sistem Pos
Indonesia dan ekspedisi yang lain).
10.
Saya
menyarankan kepada reseller untuk lebih intens menjual/mempromosikan buku-buku
baru yang laris, best seller dan dari penulis ternama.
11.
Jika kita
terjun di dunia jual buku online (khususnya via online medsos) biasanya kita
akan sering dapat request/dimintakan (calon) pelanggan untuk menginfokan stok
dan harga buku-buku yang ‘susah’ dan langka. Untuk memudahkan cek stok dan
harga, sebaiknya pelanggan menginfokan identitas buku secara lengkap (judul,
penulis, penerbit. Lebih bagus lagi jika diinfokan juga tahun terbit dan kota
terbitnya). Jika pelanggan tidak memberikan info identitas buku secara lengkap,
maka reseller lah yang mesti mandiri, reseller mesti cek identitas buku via
gogling (biasanya yang harganya valid ada di gramedia.com, bukabuku.com,
bukukita.com).
12.
Buku dikirim
setelah reseller transfer, bukti transfer bisa kirim via inbox FB, BBM, atau
WA.
13.
Mekanisme
transfer bisa dengan 2 alterantif: a) pelanggan transfer ke reseller, setelah
itu reseller transfer ke saya, b) pelanggan langsung transfer ke saya, nanti
komisi/jumlah keuntungan dicatat dan bisa diambil kemudian.
14.
Bukti
pengiriman atau no.resi seringnya saya ambil malam hari, kadang sore. Jadi
no.resi seringnya baru bisa saya berikan ke reseller pada malam hari.
15.
Penjelasan-penjelasan
lainnya akan diinfokan sambil jalan....
Semoga mudah dipahami. Sukses buat
kita semua!
0 komentar:
Posting Komentar