RSS

Strategi Sukses Jualan Buku via Facebook (versi Amin Sahri)

Berteman dengan orang-orang yang suka buku.
Saat Anda membuat postingan promosi buku, tentu akan berpotensi terjadi banyak penjualan bila teman-teman FB Anda adalah orang-orang yang suka buku. Jualan buku jangan cuma mengandalkan teman dekat. Pengguna FB ada jutaan, maka dari sekian banyak itu, add-lah orang-orang yang suka buku.

Gabung ke grup FB Jual Beli Buku.
Kronologi FB ibarat warung di rumah. Grup FB itu ibarat pasar. Selain posting di wall FB pribadi, kita perlu posting di di grup-grup jual beli buku agar semakin meningkatkan jumlah penjualan.

Amati Postingan Di Grup FB
Bila ada orang yang membuat postingan cari buku, langkah pertama yang kita tempuh adalah add FB-nya dia. Kalau kita punya buku yang dia cari, maka komentar lah di postingannya. Lebih mantap lagi, sapa dan kirimi penawaran via inbox FB.
Bila ada postingan seorang penjual yang banyak dikomentari orang, coba para komentatornya di add semua. Tujuannya bila nanti Anda posting promo buku, orang-orang tadi pun bakal melirik. Kalau pas Anda membuat promo yang sangat menarik dan menggiurkan, pasti di antara mereka bakal ada yang beli.

Promosikan buku-buku best seller dari penulis ternama
Misalnya, promokan buku-buku karya Tere Liye, Asma Nadia, Habibburahman El Shirazy, Pramoedya Ananta Toer, Tan Malaka, Andrea Hirata, Eka Kurniawan, Dee Lestari, DLL.

Promosikan buku-buku baru yang bagus
Misal ada buku baru terbit awal Februari, eh kita mengiklankan buku itu akhir Maret, ya keburu para pembaca buku pada beli ke penjual buku lain yang up to date.

Buka Pre Order (PO) buku dari penulis ternama
Saya sendiri bulan Januari kemarin membuka Pre Order novel Muhammad 3 karya Tasaro GK dan Hujan karya Tere Liye. Peminatnya banyak. Sebab dua penulis tadi sudah punya nama besar, setiap karyanya yang akan terbit selalu tak sabar dinanti pembaca setianya. Para pelanggan tentu mau PO karena bisa mendapat harga yang lebih murah (dari harga setelah ready stock). Selain itu biasanya kalau PO, buku akan dapat tanda tangan penulis. Februari ini, saya juga membuka PO novel Intelegensi Embun Pagi (Dee Lestari), Memeluk Masa Lalu (Dwitasari), Sepotong Senja Untuk Pacarku (Seno Gumira Ajidarma). Dan nanti juga akan buka novel Pre Order novel Dilan part 3.

Posting pada jam-jam yang strategis
Maksudnya ialah, posting pada saat banyak orang sedang online. Sehingga posting Anda akan dilihat banyak orang dan berdampak pada penjulan yang bagus. Yang perlu diperhatikan juga, buatlah script iklan yang menarik, sehingga orang tak hanya sekilas melihat iklan kita, tapi membacanya sampai tuntas. Misalnya posting iklan pukul 12.00-13.00, pukul 16.00-17.30, dan pukul 19.30-21.00. Pada jam-jam tadi, banyak orang yang sedang istirahat atau bersantai, alias ada waktu luang membuka FB. (bersambung)

0 komentar:

Posting Komentar

Write here, about you and your blog.
 
Copyright 2009 Menulis dan Mengekalkan Kenangan All rights reserved.
Free Blogger Templates by DeluxeTemplates.net
Wordpress Theme by EZwpthemes
Blogger Templates