Sebotol Hujan untuk Sapardi
Cerpen karya Joko Pinurbo
Saya jatuh cinta pada puisi gara-gara pada
suatu malam, sebelum tidur, membaca seuntai kata dalam sebuah sajak Sapardi
Djoko Damono: "masih terdengar sampai di sini dukaMu abadi". Waktu
itu saya masih duduk di kelas 2 SMA dan belum punya cita-cita.
Kata-kata itu terus menggema dalam kepala
saya dan membuat saya semakin suka bersendiri bersama puisi. Sempat terbetik
keinginan untuk ikut-ikutan menjadi penyair, tapi menurut sahabat dekat saya,
kepala saya kurang abnormal untuk mendukung keinginan saya. "Lebih baik
jadi teman penyair saja," ujarnya dan saya mengiyakannya.
Saya gemar mengoleksi buku puisi. Bila ada
buku puisi yang hilang, saya akan mencarinya lagi di toko buku sampai ketemu.
Pernah seorang teman meminjam buku puisi yang baru saya beli dan belum sempat
saya buka. Diam-diam buku puisi itu ia berikan kepada pacarnya sebagai hadiah
ulang tahun. Kepada banyak orang, teman saya itu sering mengungkapkan rasa
bangganya karena berkat hadiah buku puisi darinyalah pacarnya tumbuh menjadi
seorang pengusaha kata yang sukses dan kaya.
Saya sendiri, sekian tahun setelah malam
yang diguncang puisi itu, sudah menjadi seorang karyawan yang mapan di sebuah
perusahaan di Jakarta dan saya tetap belum mengerti apa sebenarnya cita-cita
saya. Kecintaan saya terhadap puisi masih terpelihara dengan baik. Di tengah
kesibukan saya yang tiada habisnya, saya masih bisa mencuri waktu untuk
menghadiri berbagai acara pembacaan puisi, minta tanda tangan dan berfoto
bersama penyair-penyair kesayangan saya. Kadang saya membantu penyair-penyair
dari daerah mencari tempat untuk sekadar numpang tidur dan mandi.
Ada satu impian lama yang ingin segera saya wujudkan:
berfoto bersama Sapardi dan minta tanda tangannya. Sebenarnya saya pernah punya
kesempatan bagus untuk berkenalan dengannya. Dalam sebuah acara pesta puisi
Sapardi lewat persis di depan saya. Ia mengenakan kaos oblong putih bertuliskan
"Kita adalah cinta yang berjihad melawan trauma". Keren sekali.
Sayang, dalam sekejap ia sudah diserbu oleh para penggemarnya dan saya tidak
kebagian waktu. Selain itu, saya masih ragu untuk mendekat dan berhadapan
dengannya. Saya takut ditanya, "Anda siapa ya?" Dan saya bukan
siapa-siapa.
Malam itu, sepulang dari lembur di kantor,
saya sempatkan berbicara dengan diri saya sendiri. Dalam naungan hangat kopi,
saya membaca tulisan Seno Gumira Ajidarma: "Alangkah mengerikannya menjadi
tua dengan kenangan masa muda yang hanya berisi kemacetan jalan, ketakutan
datang terlambat ke kantor, tugas-tugas rutin yang tidak menggugah semangat,
dan kehidupan seperti mesin, yang hanya akan berakhir dengan pensiun tidak
seberapa."
Asu! Kepala saya langsung menggigil. Saya
memerlukan miras (minuman waras) atau obat penenang untuk menghadapi bayangan
kengerian menjadi tua di Jakarta. Saat itu juga saya mengontak teman saya,
Subagus, yang kenal baik dengan Sapardi. Saya minta tolong Subagus untuk
mencarikan kesempatan bertemu dengan Sapardi dan Subagus menyanggupi.
Pada hari yang telah disepakati oleh
Subagus dan Sapardi, hujan mengantar saya ke rumah penyair kurus itu. Saya
lihat Sapardi sedang duduk khidmat di beranda mendengarkan suara hujan. Ia
khusyuk sekali memperhatikan hujan menerpa daun bugenvil dan daun bugenvil
bergerak-gerak memukul-mukul jendela. Ia tidak menyadari kedatangan saya dan
saya tidak ingin mengusik kesendirian dan kesunyiannya. Saya membayangkan ia
sedang tersihir oleh hubungan gaib antara tanah dan hujan. Tanpa sempat
mengucapkan sepatah kata pun, saya balik badan dan pulang.
Dalam perjalanan pulang saya menemukan
sebuah amplop berisi sepotong senja tergeletak di dekat tiang listrik. Pastilah
itu sepotong senja yang dikirim Seno untuk seseorang yang sangat merindukannya.
Burung yang diminta untuk mengantarkannya ke tujuan agaknya kemalaman, kemudian
menjatuhkannya begitu saja di tengah kemacetan jalan. Saya ambil amplop itu,
saya selipkan di saku baju. Sesampai saya di rumah, saku baju saya belepotan
oleh cairan berwarna kuning kemerah-merahan. Senja yang luntur. Senja
orang-orang Jakarta. "Itu bukan senjaku," kata Seno yang saat itu
ternyata sedang tidak berada di dunia nyata.
Saya ceritakan kepada Subagus perihal
kedatangan saya ke rumah Sapardi seraya minta tolong lagi dicarikan kesempatan
kedua untuk berjumpa dengannya dan Subagus menyanggupi. Tidak lupa saya
berpesan, "Cari tahu jam yang paling tepat untuk bertemu beliau ya,
Su." Memperhatikan gaya bicara Subagus yang terkesan kurang serius,
diam-diam saya mencium ada sesuatu yang tidak beres. Namun saya tidak mau berprasangka.
Gelap baru saja datang ketika saya tiba di
tempat kediaman Sapardi. Rumahnya kelihatan sepi dan gelap. Saya ketuk-ketuk
pintunya dengan sopan. Setelah diketuk-ketuk tiga kali, pintu terbuka. Dari
balik pintu muncullah Tuan Sapardi. Tanpa ba-bi-bu ia melepaskan kata-kata:
"Tuan Tuhan, bukan? Tunggu sebentar, saya sedang keluar." Pintu
segera ditutup. Saya terperangah dan terpana, lalu balik badan dan pulang.
Dua kali gagal tidak membuat saya menyerah
dan kehilangan akal. Tanpa sepengetahuan Subagus, saya mempersiapkan kesempatan
ketiga. Untuk usaha ketiga ini, saya akan datang menjumpai Sapardi tanpa janji
dan pemberitahuan terlebih dulu. Saya akan memilih sebuah hari yang istimewa.
Saya akan menjumpainya dengan cara yang jitu, yang akan membuatnya tidak bisa
menghindari saya.
Saya siapkan semua buku kumpulan puisi
Sapardi yang saya punya untuk saya mintakan tanda tangan penyairnya. Saya
siapkan pula sebuah bingkisan sederhana sebagai tanda terima kasih saya karena
sajak-sajaknya telah berhasil menjebloskan saya ke dunia kata-kata yang
mengacak-acak ruang dan waktu. Saya merasa sudah siap mental untuk menemuinya
lagi. Saya tidak tahu apakah dia juga siap mental.
Dan saat itu pun tiba. Saya datang ke
rumahnya malam hari. Saya ketuk-ketuk pintu rumahnya dengan lembut. Setelah
saya ketuk-ketuk tiga kali, pintu terbuka. Dari balik pintu muncullah Tuan
Sapardi. Saya langsung menembaknya: "Tuan Tuhan, bukan? Tunggu di luar,
saya sedang berdoa sebentar."
Ia tertawa tergelak-gelak dengan nada suara
yang tak terlukiskan indahnya. Ia mempersilakan saya masuk, lalu membimbing
saya menuju halaman belakang di mana terdapat sebuah kolam kecil yang jernih
airnya. Kami duduk di tepi kolam. Kami bercermin pada kolam. Melalui air kolam
saya dapat melihat dengan jelas sosok penyair hujan itu: di dalam tubuhnya yang
tampak ringkih terdapat daya yang lebih.
Sapardi mengenakan sarung dan kaos oblong
putih bertuliskan "Kurang atau lebih, setiap rezeki perlu dirayakan dengan
secangkir kopi". Keren sekali. Rupanya dia habis nonton film
"Filosofi Kopi". Dan ia menghidangkan kopi seraya berkata, "Seno
dan Subagus juga barusan ngopi-ngopi sini." Kopi saya terima dengan
takzim. Saya dan kopi tidak bertengkar tentang siapa di antara kami yang lebih
haus. Kopi dan saya tidak bertengkar tentang siapa di antara kami yang lebih
pahit.
Saya buka tas gendong saya, saya keluarkan
sejumlah buku puisi Sapardi untuk ditandatangani oleh penyairnya. Setelah itu
kami berfoto berdua. Sah. Sempurna.
Hari itu Sapardi genap berusia 75 tahun.
Saya ambil sebuah bingkisan dari dalam tas. Saya ulurkan padanya sebuah botol
besar berisi hujan bercampur senja. Ia mengucapkan terima kasih. Ia tempelkan
botol itu di telinganya. Ia berbinar-binar mendengarkan suara hujan di dalam
botol. Hujan yang hangat dan jingga oleh senja.
Ia bangkit berdiri. Dikocok-kocoknya botol
hujan itu berulang kali. Tutup botol tiba-tiba terlepas dan menyemburlah air
berwarna jingga. Menyembur tinggi ke udara. Saya masih mendongak takjub ketika
semburan air berwarna jingga sudah lenyap tak berbekas. Sapardi menepuk
punggung saya. "Lihat!" katanya sambil jari tangannya menunjuk ke
arah kolam.
Saya lihat di atas kolam sudah ada sekuntum
bunga berwarna jingga. Saya tidak tahu bunga apa namanya. Cahaya bulan memenuhi
kolam, membuat bunga jingga itu tampak kian menyala. Kami terdiam beberapa
lama. Hening malam membekukan bahasa. Dengan suara pelan dan dalam Sapardi
berkata, "Yang fana adalah waktu. Kita abadi." (*)
0 komentar:
Posting Komentar