RSS

Baca Buku Jelajahi Dunia

Aku meyakini, para pecinta buku sejati, pasti ia memiliki kecerdasan dan hidupnya dihisai dengan keajaiban. Pecinta buku bisa melihat dunia yang luas sebelum ia menjejakkan kaki di negeri-negeri yang beragam budaya.

Pecinta buku selalu punya cara kreatif, semangat yang tinggi dan keoptimisan dalam mengejar cita-citanya. Pecinta buku, adalah from zero to hero.

Seperti satu kawanku ini, sebut saja namanya Ardan. Ia ini pecinta buku sejati. Wajarlah ia cerdas, kuliahnya juga dapat beasiswa. Meski anak desa (katanya), tapi ia punya cita-cita keliling dunia. Bukankah keliling dunia bagian dari membaca ayat-ayat Tuhan? Dalam perjalanannya selalu terdapat pengalaman dan hikmah yang luar biasa, kadang sangat menyentuh hati.

Ia bukan anak orang kaya yang bisa gampang minta uang orangtua. Cita-citanya juga bukan hal yang gampang. Namun ia yakini dan perjuangkan. Ia menabung rupiah demi rupiah. Akhirnya terkumpullah 2,4 juta. Ia terbang dari Jogja. Singgah di Batam, lalu menuju Singapura, Malaysia dan Thailand.

Ia berangkat sendiri dengan keberanian dan tekad yang kuat. Ia siap dihadapai apapun rintangan dan tantangan yang ada di negera-negara baru yang pertama kali ia kunjungi. Banyak pengalaman-pengalaman seru dan menarik yang telah ia kisahkan di wall FB nya.

Yang paling menarik menurutku adalah kisahnya ia saat di Thailand Selatan (Patani). Di sana ia seperti berjumpa dengan saudara-saudaranya sendiri. Orang yang sangat ramah, sangat baik, dan memperlakukan tamu seperti saudara sendiri.

2,4 juta bisa untuk keliling satu minggu ke 3 negara. Sangat keren! Tentu ada trik-trik, "keajaiban" dan pertolongan Tuhan yang turut menyertai dirinya.

Ia bukan orang kaya akan materi, namun ia kaya hati. Ia selalu merasa cukup, merasa bersyukur. Dan dalam kondisi pas-pasan (menurutku) namun ia berani berbagi kepada orang lain. Di sinilah "the miracle of giving" bekerja. Niat baik yang ia canangkan, sedekah yang ia lakukan, pengorbanan dan perjuangan yang ia laksanakan benar-benar menghasilkan buah yang manis. Hal-hal positif itu menarik keajaiban demi keajaiban.

Aku sebenarnya ingin titip dua nama manusia agar ia pampang di luar negeri. Namun aku sungkan, jadilah aku titip nama Rindu Buku. Sebuah pesan universal. Ini menyalami semua manusia yang suka buku. Ini salam untuk semua pecinta buku. Aku yakin para pecinta buku bisa menjelajahi dunia dan menggoreskan sejarah yang indah!

Jogja, 19 November 2015





0 komentar:

Posting Komentar

Write here, about you and your blog.
 
Copyright 2009 Menulis dan Mengekalkan Kenangan All rights reserved.
Free Blogger Templates by DeluxeTemplates.net
Wordpress Theme by EZwpthemes
Blogger Templates