RSS

AGAR AKUN FB ANDA DI ADD DAN DI FOLLOW BANYAK TEMAN

AGAR AKUN FB ANDA DI ADD DAN DI FOLLOW BANYAK TEMAN
.
Salah satu cara meningkatkan penjualan buku (sudah saya singgung beberapa kali) adalah dengan sering add friend orang yang suka buku dan punya saya beli. Dalam add friend orang yang tertarget memang kita harus telaten dan sabar.
.
MENGAPA MEREKA CEPAT PUNYA BANYAK TEMAN DAN FOLLOWER?
.
Contoh, Dwi Suwiknyo (tinggal dan bekerja di Jogja), teman saya yang juga penulis buku. Kuota pertemanan FB nya sudah full (5.000) dan akun FB nya diikuti 3.063 orang (per 1 Januari 2017).
.
Akun FB nya sering di-add dan di-follow banyak orang karena dia sering share tulisan yang bermanfaat dan memotivasi. Nilai lebih nya lagi, dia juga termasuk penulis buku yang produktif (khususnya buku-buku motivasi islami).
.
Contoh lagi, Usman Arrumy (pemuda dari Pati yang sedang kuliah di Mesir). Teman FB nya sudah full dan jumlah follower nya 5.540.  Akun FB nya diikuti banyak orang karena dia sering nulis dan posting puisi-puisi yang  bagus. Puisinya berhasil memikat banyak pembaca dan sering dilike, di share serta dikomentari teman-teman FB nya. Beberapa kali dia juga bercerita tentang pengalaman menarik di Mesir yang tentu menambah wawasan baru bagi orang-orang yang belum pernah ke Mesir. Dia bercerita tentang hal-hal sederhana, namun mendalam dan mengandung nilai filosofis yang tinggi.
.
Contoh lagi, Fiersa Besari. Dia penulis buku best seller Garis Waktu. Garis Waktu juga termasuk kumpulan tulisan terdahulu yang sering dia posting di FB. Tulisan-tulisannya terbaca oleh penerbit yang sedang mencari naskah. Penerbit menilai tulisan Fiersa bagus dan menjual jika diterbitkan. Fiersa yang berlatar belakang musisi, tentu semakin menambah nilai plus. Saat ini teman FB nya 5.000 dan diikuti 9.926.
.
Contoh lagi, Ahmad Mustofa Bisri atau biasa dipanggil Gus Mus. Beliau adalah kiai, ulama, tokoh penting NU, tokoh nasional, pengasuh pondok pesantren, penyair dan penulis buku. Gus Mus juga aktif di media sosial, termasuk FB. Postingannya yang mencerahkan membuat akun FB nya di add banyak orang. Bahkan follower-nya mencapai 219.731 (per Januari 2017).
.
INILAH RAHASIANYA...
.
Saat ini, teman FB saya 4.999 dan diikuti 2.111 orang. Secara berkala, saya menghapus teman FB yang sekiranya sudah tidak aktif, tidak pernah interaksi (tidak pernah like & komen statusku) dan akun FB yang sering buat postingan yang menurutku sangat buruk dan merusak mood.
.
Semula, saya tidak memikirkan agar akun FB ku di add dan di follow banyak orang. Namun, secara tidak langsung, saya telah melakukan beberapa tindakan yang akhirnya akun FB ku semakin dikenal orang dan di terus di follow orang-orang.
.
Saya mencermati beberapa postingan saya dan teman-teman yang banyak mendapat like, share, dan komentar . Singkatnya postingan VIRAL yang berdampak pada akun kita di add dan di follow banyak orang. Saya akan bongkar rahasianya...
.
1) Membuat postingan yang bermanfaat
.
Misalnya berbagi informasi beasiswa, berbagi informasi seminar gratis, berbagi informasi event bedah buku, berbagi cerita yang menambah wawasan teman-teman, dlsb. Sederhana sekali ya?
.
2) Posting tulisan yang inspiratif dan menyentuh emosi pembaca
.
Saya pernah menulis beberapa status, ada status pendek,  panjang, dan panjang sekali. Ketika saya mengalami peristiwa yang menggetarkan, saya coba menuangkannya dalam tulisan. Beberapa tulisanku ada yang mengomentari inspiratif dan lumayan banyak yang nge-share. Dari sekadar berbagi tulisan itu ternyata, membuat efek yang lumayan menguntungkan bagi saya sebagai penjual buku. Tulisan saya yang berbekas di benak pembaca, membuat mereka mau beli buku lewat saya. Membuat mereka percaya bahwa saya penjual buku beneran dan totalitas di dunia buku.
.
Bebarapa tulisan inspirasi itu juga aku posting di blog. Membuat blog ku dikunjungi banyak orang.
.
3) Buat postingan yang lucu dan menghibur
.
Soal ini Anda bisa belajar dari postingan-postingan yang viral di FB. Misalnya, upload foto-foto lucu yang memancing gelak tawa dan membuat gatel jempol teman-teman FB untuk komentar + share. Bisa juga Anda buat  cerita lucu dari ide Anda sendiri. Buat cerita lucu yang segar, bisa dari pengalaman lucu Anda atau dari hasil pikir Anda yang tujuannya untuk menghibur (seperti materi stand up comedy). Kalau masih belum mahir ya, coba kali-kali tulis ulang cerita lucu orang lain atau cerita lucu dari buku yang pernah Anda baca, lalu posting (ini tujuannya agar teman Anda lebih enak bacanya, daripada Anda cuma/langsung share postingan lucu dari status orang lain).
.
4) Buat postingan yang menarik dan konsisten
.
Postingan yang menarik ini sesuaikan dengan kompetensi Anda. Misalnya nulis puisi seperti Usman Arrumy. Nulis tentang marketing seperti Jaya Setiabudi. Nulis tentang tips-tips menulis seperti Dwi Suwiknyo. Nulis tentang Jomblo seperti Agus Mulyadi, dlsb.
.
5) Buat kuis berhadiah
.
Saya beberapa kali membuat kuis berhadiah buku. Mas Dwi Suwiknyo juga sering buat kuis berhadiah buku. Kuis ini biasanya sering diminati banyak orang. Yang ikut kuis pada komentar dan share, otomatis postingan Anda menjadi VIRAL. Sehingga terbaca lebih banyak orang dan akhirnya mereka yang belum berteman melakukan tindakan add friend atau follow.
.
Selain kuis berhadiah buku, saya juga kerap buat kuis berhadiah pulsa. Memang hadiahnya tidak seberapa, tapi hal sederhana ini bisa membuat orang jadi antusias. Kuis juga bisa buat seru-seruan yang membuat hubungan pertemanan semakin erat.
.
6) Buat tulisan yang KRITIS dan AKTUAL
.
Saya mengamati tulisan teman-teman yang kritis dan sedang membahas isu terkini berhasil mencerahkan banyak netizen (atau kadang menimbulkan pro kontra yang sengit) dan akhirnya menjadi VIRAL. Misalnya tulisan-tulisannya Iqbal Aji Daryono.
.
Iqbal yang telah menerbitkan buku Out of The Truck Box, kerap menulis artikel-artikel kritis yang merespons isu-isu terkini. Pembicaraannya yang menyentuh tema-tema hangat memancing banyak orang untuk ikut komentar dan share. Tak pelak lagi, pasti akun FB nya manjadi di follow banyak orang.
.
7. Seting kiriman dibuat PUBLIK (logo dunia), jangan cuma TEMAN.
.
Seting PUBLIK membuat postingan Anda bisa dilihat oleh SEMUA ORANG, sekalipun mereka belum berteman dengan Anda di FB. Selain itu, jika postingan Anda VIRAL, orang-orang yang belum berteman di FB juga bisa ikut mengomentari postinganmu. Hal sederhana ini membuat mereka senang, puas dan mau FOLLOW akun Anda. Ketika Anda promosi buku, jangan kaget bila nanti ada orang-orang entah dari mana pada chat ke Anda. Mereka mungkin belum Anda kenal karena tidak berteman di FB. Tapi mereka kenal Anda karena mereka follow FB Anda yang di setting PUBLIK.
.

Akun FB yang punya pengikut setia itu akan menguntungkan jika dia bisa membaca situasi dan memanfaatkannya. Misalnya mas Dwi, ketika dia mau jual buku: gampang. Follower nya sudah pasti suka membeli kepadanya. Beberapa kali follower mas Dwi bilang mau beli buku kepadanya, tapi saat dia sibuk dan tak punya buku request pelanggan, dia mereferensikan saya atau teman saya untuk menggarap orderan buku tersebut.
.

***

0 komentar:

Posting Komentar

Write here, about you and your blog.
 
Copyright 2009 Menulis dan Mengekalkan Kenangan All rights reserved.
Free Blogger Templates by DeluxeTemplates.net
Wordpress Theme by EZwpthemes
Blogger Templates