RSS

DI MANA PARA PELANGGAN BUKU-BUKU AGAMA ISLAM BIASA BERKUMPUL?

DI MANA PARA PELANGGAN BUKU-BUKU AGAMA ISLAM BIASA BERKUMPUL?
.
Tentu ada di beberapa tempat ya, salah satunya, di komentar-komentar postingan yang bersponsor.
.
Postingan yang bersponsor itu dilakukan oleh Fan Page (FP). Postingan promo FP sudah biasa dilihat oleh banyak orang (ribuan orang, bahkan ratusan ribu orang) karena lewat jalur iklan berbayar. Beda jika cuma promo lewat akun FB personal, yang lihat promo cuma teman FB atau follower FB.
.
Ada banyak FP yang biasa jualan buku-buku agama Islam. Diantaranya FP Islam Itu Indah (likers 750.000 ++), FP Pustaka Sunnah (likers 25.000 ++).
.
Agar penjualan buku Anda semakin produktif, selain rutin posting promo, Anda juga mesti rajin add "orang-orang baru" yang punya ketertarikan pada buku dan punya daya beli.
.
Indikator bahwa mereka suka buku dan punya daya beli bisa dilihat dari komentar mereka di postingan FP Islam Itu Indah, FP Pustaka Sunnah, atau FP lain yang membuat promo bersponsor.
.
Sepengalaman saya, postingan bersponsor itu sering muncul di beranda FB ku. Padahal sebelumnya, aku belum menyukai FP tersebut. Karena sering muncul di beranda, maka aku mulai kepo untuk melihat postingan lengkapnya beserta orang-orang yang pada berkomentar. Lalu aku add beberapa orang dari mereka.
.
Coba bayangkan, betapa banyak pelanggan potensial yang bisa dijaring dari situ. Ada ratusan hingga ribuan orang. Jika 5% nya saja jadi pelangganmu, maka penjualan buku Anda akan sangat meningkat.
.
FP itu biasanya membuat postingan promosi dengan sangat memikat; diinformasikan pula detil buku dan sinopsisnya. Bagi penjual buku yang agak malas sepertinya saya, postingan FP bersponsor sangat membantuku. Saya tinggal share dan promo: Buku Bagus nih, silakan diorder. (Tindakan ini seperti mempromosikan FP, tapi pada kenyataannya lebih berdampak penjualan buku kita).
.
Teman-teman FB ku, kalau mau tahu sinopsisnya, tinggal baca di FP. Diantara mereka ada yang penasaran, "kok postingan FP itu di like-share-komentari banyak orang?" Sebagian ada yang akhirnya berminat membeli. Teman-temanku 99% belinya kepadaku, bukan ke FP itu. Teman pasti lebih percaya kepada teman dekatnya. Ini TERBUKTI ketika beberapa teman dan pelangganku download foto atau screen shoot dari FP atau IG lain, tapi belinya kepadaku.
.
NILAI ++ JUALAN BUKU-BUKU AGAMA ISLAM
.
Bagi saya dan Anda yang yakin, tentu menjual buku-buku agama Islam termasuk perbuatan yang baik, perbuatan yang bernilai pahala. Jika memang niat kita ingin membantu saudara-saudara kita agar mudah mendapatkan buku yang dia cari. Kita sebagai perantara sampainya buku ke tangan mereka, secara tidak langsung berperan mengajak mereka berhijrah ke arah yang lebih baik.
.
Saat ini, prosentase diskon buku-buku agama lebih besar dari buku-buku genre lain. Jadi, keuntungan jual buku-buku agama sangatlah menjanjikan.
.
Buku-buku agama termasuk buku yang dicari dan dibutuhkan banyak orang. Di Indonesia, sekitar 85% muslim, itu lah pasar terbesar genre buku ini. Untuk meraih pelanggan buku ini, Anda bisa berteman dengan anak-anak pesantren, komunitas santri, remaja masjid, organisasi keislaman, dslb.
.
PENDEKATAN KEPADA (CALON) PELANGGAN
.
Untuk mendekati (calon) pelanggan yang potensial tersebut, pertama "add friend". Kedua, sapa lewat inbox. Ketiga, "bom like" statusnya mereka.
.
Kalau nanti permohonan pertemanan FB anda di konfirmasi, lanjutkan interaksi dengan rajin like dan komentari status mereka. Tunjukkan bahwa Anda teman yang baik, asyik dan peduli (pasti soal ini teman-teman lebih jago dari saya ya. Hehe).
.
Dengan rajin like dan komentar, ini membuat postingan promo Anda akan sering muncul di beranda mereka (para calon pelanggan yang potensial). Ini sudah sistemnya Facebook. Jadi jangan pelit kasih like dan komentar ya...
.
MEMPERTAHANKAN DAN MEMPERBANYAK PELANGGAN SETIA
.
Pahami karakter dan latar belakang pelanggan. Memahaminya bisa dengan cara mengamati postingan-postingan yang dia buat. Ngobrollah dengan dia yang membuat dia merasa nyaman, enjoy dan dekat. Lalu, misal dia punya anak SMA kelas 3, bisa kita tawari buku UN SMA atau buku SBMPTN. Misal dia sering posting atau share quotes Gus Mus, kita tawari buku-bukunya Gus Mus. Misal dia punya anak TK, kita tawari buku-buku anak.
.
Jika ada pelanggan yang akhirnya order kepada Anda, minta dia untuk testimoni... Dengan testimoni, ini akan mempengaruhi teman-teman nya dia untuk membeli juga lewat Anda. Contoh, minggu lalu, Husain kirim buku untuk pelanggan Malaysia. Dia melayani pelanggan Malaysia dengan sangat ramah dan baik. Lalu pelanggan itu testimoni dan mengabarkan di FB kepada teman-temannya bahwa buku pesanan dari Indonesia telah sampai ke alamatnya dengan sempurna. Lewat testimoni itu, ternyata berhasil menggerakkan teman-teman Malaysia ikut membeli kepada Husain.
.
Layani pelanggan dengan sebaik mungkin. Jika pelayanan Anda sangat memuaskan, tentu pelanggan akan selalu setia membeli buku pada Anda. Kendati, di dunia FB ini banyak juga yang jualan buku. Sekalipun ada yang jual murah, pelanggan setia pasti tetap lebih suka beli kepada Anda karena terpercaya dan "asyik".
.
Eh, aku kayanya juga mohon maaf ini, sepertinya masih kurang baik kalau melayani reseller (padahal kalau ke pelanggan, lumayan baik. Misalnya reseller minta cek ongkir, saya lambat jawab. Tapi kalau pelanggan, saya cekkan dengan cepat. Dlsb). Tapi ya, sebisa mungkin saya mengajak agar reseller bisa maklum ya... Saya juga berharap, semua reseller bisa mandiri dan cekatan. Gak terlalu manja banget kaya pelanggan awam. Hehe.
.
Kunci penting yang membuat pelanggan lebih suka membeli kepada Anda yakni faktor kedekatan, kepercayaan, dan pelayanan yang baik. Tiga sikap itu bakal sukses membuat pelanggan "jatuh cinta" pada Anda, membuat pelanggan terus membeli kepada Anda (walau di luar sana ada yang jual buku lebih murah dari Anda).
***

0 komentar:

Posting Komentar

Write here, about you and your blog.
 
Copyright 2009 Menulis dan Mengekalkan Kenangan All rights reserved.
Free Blogger Templates by DeluxeTemplates.net
Wordpress Theme by EZwpthemes
Blogger Templates