RSS

PANDUAN KERJA RESELLER #RinduBuku, UPDATE 15 Oktober 2016

PANDUAN KERJA RESELLER #RinduBuku, UPDATE 15 Oktober 2016
1. Pada waktu normal, jam layanan pelanggan/reseller mulai pukul 09.00 – 20.00. Jika ada orderan atau pertanyaan buku di atas pukul 20.00, maka akan direspon/diproses keesokan harinya. Jika ada orderan/pertanyaan seputar buku sebelum pukul 09.00, sebagiannya akan saya jawab setelah pukul 09.00, sebagiannya akan langsung dijawab jika memang kami sedang luang dan ‘mampu’.
2. Jam layanan pelanggan/reseller akan menyesuaikan situasi jika ada hal-hal tertentu. Misalnya saat saya sedang ada kegiatan di luar kota. Namun, orderan buku tetap bisa dilayani, hubungi admin saya, saudari Niha Hia (WA 085842012282, Pin BB 538E7CE4). Jika yang diorder adalah buku-buku yang memang ADA DALAM KATALOG, maka bisa ‘aman’ di-handle oleh admin. (Nanti katalog akan saya kirim, dalam format Ms. Excel). Pertanyaan buku yang TIDAK ADA DI KATALOG, hubungi Husain Ibnu Shodali (WA 085765613986, BBM D3897DFF). Dalam setiap order buku, HARAP selalu mencantumkan minimal 3 hal: Judul, Penulis, Penerbit.
3. Jam layanan pukul 09.00 – 20.00 berlaku hari Senin - Jumat. Hari Sabtu jam layanan sampai pukul 14.00. Hari Minggu layanan/reseller LIBUR. Jadi saat-saat jam off layanan, maka pelanggan/reseller harap maklum bila chat-chatnya tidak/belum dijawab (meski kadang sudah di-read).
4. Saya akan memberikan beberapa katalog buku dalam bentuk file via inbox FB/email. Saya juga akan sering share foto dan harga-harga buku di Grup FB ataupun di Album FB personal saya. Jika pelanggan request foto cover buku tertentu, akan saya berikan jika memang posisi saya sedang di dalam toko. Jika saya sedang di luar toko, akan saya mintakan kepada teman saya yang sedang shift. Namun jika teman yang sedang shift juga sedang banyak kerjaan, maka sebaiknya reseller download dulu saja via googling.
5. Diskon untuk reseller sekitar 10%-30%. Tergantung dari penerbit mana. Besaran diskon bisa berubah sewaktu-waktu. Diskon bisa menjadi kecil saat barang langka atau saya mengambil barang tersebut dari pihak yang berbeda. Diskon bisa lebih besar saat ada promo/event/bazar.
6. Jasa ekspedisi yang PALING SERING saya gunakan yakni Pos Indonesia dan JNE (karena yang PALING DEKAT dengan tempat saya). Kadang saya juga memakai ekspedisi Wahana dan NCS. Saya juga bisa merekomendasikan ongkir yang PALING HEMAT, PALING CEPAT. Untuk kirim ke Luar Negeri, saya juga bisa merekomendasikan beberapa jasa Ekspedisi (Pelanggan Luar Negeri kami ada di Singapura, Malaysia, Thailand, Taiwan, Hongkong, Korea).
7. Untuk cek ongkos kirim (ongkir), reseller bisa download aplikasi “Raja Ongkir” di playstore, bisa juga cek ongkir di cektarif.com. Kota asal kirim dari Yogyakarta. Kota tujuan diisi nama Kecamatannya dulu, baru nama kota/kabupatennya, masukkan berat buku, setelah itu klik cek/periksa (nanti akan muncul tarif ongkirnya).
8. Layanan utama ekspedisi yang saya gunakan yakni JNE Reg dan Pos Kilat. Jika dalam Jawa saya mengarahkan kirimnya via JNE Reg/Pos Kilat, kalau luar Jawa bisa via JNE Oke/layanan yang lain. Jika pelanggan minta kirim via Pos Express maka pelanggan harus transfer dan konfirmasi sebelum jam 10 Pagi (dan menyesuaikan judul buku yang dipesan, jika buku langka/buku tidak populer, akan saya konfirmasikan bisa kirim via Pos Express atau tidak, sebab kadang proses/alur ambil/pengadaan barangnya juga agak lama). Jika pelanggan minta dikirim via JNE YES (Yakin Esok Sampai) maka harus transfer dan konfirmasi sebelum jam 3 sore (dan menyesuaikan judul buku yang dia pesan).
9. Secara umum, ongkir ekspedisi itu dihitung per Kg. 1 (satu) Kg biasanya muat 3 buku tebal standar (300-an halaman, kertas bookpapaer). Yang beda itu variasi ongkir via Pos Indonesia, ada kategori ongkir per 500 gram, 1000 gram, 1500 gram dan 2500 gram. Secara garis besar, ongkir Pos Indonesia lebih murah dari JNE (sampai Agustus 2016), namun untuk tujuan beberapa kota besar, bisa lebih murah JNE daripada Pos Indonesia. Yang perlu diperhatikan juga, berat 1300 gram, oleh JNE masih dihitung ongkir 1 Kg, berat 2300 gram masih dihitung ongkir 2 Kg (beda dengan sistem Pos Indonesia dan ekspedisi yang lain). Per 12 September 2016 ongkir pos mengalami kenaikan tariff sekitar 35%. Oleh karena sebab ini, jika nanti ada beberapa pelanggan yang keberatan ongkir Pos, nanti bisa diarahkan kirim via Wahana, NCS, Tiki.
10. Saya menyarankan kepada reseller untuk lebih intens menjual/mempromosikan buku-buku baru yang laris, best seller dan dari penulis ternama. Yang jelas, buku yang dipromosikan itu buku yang ada di katalog, ada di upload-an FB saya (yang keterangannya STOK MEMADAI).
11. Jika kita terjun di dunia jual buku online (khususnya via online medsos) biasanya kita akan sering dapat request/dimintakan (calon) pelanggan untuk menginfokan stok dan harga buku-buku yang ‘susah’ dan langka. Untuk memudahkan cek stok dan harga, sebaiknya pelanggan menginfokan identitas buku secara lengkap (judul, penulis, penerbit. Lebih bagus lagi jika diinfokan juga tahun terbit dan kota terbitnya). Jika pelanggan tidak memberikan info identitas buku secara lengkap, maka reseller lah yang mesti mandiri, reseller mesti cek identitas buku via gogling (biasanya yang harganya valid ada digramedia.com,bukabuku.com,bukukita.com).
12. Buku dikirim setelah reseller transfer, bukti transfer bisa kirim via inbox FB, BBM, atau WA. HARAP DIPERHATIKAN, reseller mesti mengirimkan data pelanggan yang sudah transfer secara lengkap. Meliputi Nama Pelanggan, Alamat Lengkap Pelanggan, No. HP Pelanggan dan Ekspedisi yang dipilih. Biasanya reseller/pelannggan lupa-nya pada pencantuman No. HP. Info No. HP sangat penting. Jika kurir bingung rute alamat, dia bisa menelepon No. HP pelanggan. Kadang pelanggan yang alamatnya di pelosok, dia akan di SMS kurir untuk mengambil sendiri paketnya di agen.
13. Mekanisme transfer bisa dengan 2 alterantif: a) pelanggan transfer ke reseller, setelah itu reseller transfer ke saya, b) pelanggan langsung transfer ke saya, nanti komisi/jumlah keuntungan dicatat dan bisa diambil kemudian. No rekening saya BRI 175301000377534, BNI 0354425001 BCA 0373685850, Mandiri 180-00-0011104-9, BRI Syariah 1020908587 semua atas nama Amin Sahri.
14. Bukti pengiriman atau nomor resi seringnya kami ambil malam hari. Jadi no.resi seringnya baru bisa kami berikan ke reseller pada malam hari atau besok paginya. Nanti nomor resi akan selalu diposting di grup oleh tim kami.
15. Saya memberikan kebebasan reseller dalam menentukan harga jual. Cukup jual dengan harga normal toko, boleh. Jual diatas harga normal juga boleh. Kasih diskon 5% atau diskon 10% juga boleh. Untuk buku-buku dengan diskon reseller 20-30%, reseller bisa kasih diskon ke pelanggan 10%. Namun jika tetap jual dengan harga tanpa diskon juga boleh.
16. Sewaktu-waktu harga buku-buku tertentu (biasanya buku-buku yang best seller) bisa lebih murah saat ada event atau promo spesial.
17. Sewaktu-waktu saya memberikan bonus pulsa, buku atau bonus lainnya bagi reseller yang berhasil mencapai target penjualan tertentu dengan batas waktu yang telah ditetapkan.
18. Target bagi reseller adalah mampu jual minimal 10 eksemplar per bulan. Jika belum berhasil jual 10 eksemplar tidak masalah, hanya nanti reseller bulan berikutnya akan mendapat harga yang berbeda dari reseller yang selalu mencapai target minimal (selisih harga Rp. 1.000 - Rp. 2.000 per eksemplar dari reseller yang selalu mampu mencapai target).
19. Penjelasan-penjelasan lainnya akan diinfokan sambil jalan....
Semoga mudah dipahami. Sukses buat kita semua!
20. Jangan pernah menyerah dan SEMANGAT. :)

0 komentar:

Posting Komentar

Write here, about you and your blog.
 
Copyright 2009 Menulis dan Mengekalkan Kenangan All rights reserved.
Free Blogger Templates by DeluxeTemplates.net
Wordpress Theme by EZwpthemes
Blogger Templates