RSS

Bagaimana Agar Jualan Online Tetap Produktif Meskipun Anda Sibuk?

Bagaimana Agar Jualan Online Tetap Produktif Meskipun Anda Sibuk?
.
1. Fokus
.
Fokuslah jual produk-produk unggulan. Dalam kasus ini adalah BUKU. Maka fokuslah jual buku-buku yang bagus, best seller dan stoknya memadai. Jika ada request buku langka, sebaiknya kita jawab kosong. Daripada carinya lama, lebih baik gunakan waktu tersebut untuk kembali membuat promosi baru yang lebih menarik. Lebih baik gunakan waktu tersebut untuk mencari dan mengumpulkan target market yang keinginan mereka tercakup dalam katalog yang kita punya.
.
2. Kerja Bareng
.
Kalau Anda kerja sendiri pasti sangat capek. Kalau Anda sibuk, sering orderan menjadi tidak terlayani dengan maksimal (bahkan terabaikan). Itulah pentingnya KERJA BARENG. Semestinya kamu bisa kerja bareng sahabat yang berkompeten, atau kerja bareng saudara, dlsb.
.
Contoh, pemilik akun IG @bukubro (teman saya). Dia kerja bareng dengan kakak kandungnya. IG dikelola bersama. Bukubro juga mahasiswa, pasti kadang sibuk tugas kuliah, UAS, dlsb. Nah ketika sibuk, orderan yang masuk ditangani kakaknya.
.
Bukubro juga berbagi tugas, chat yang masuk WA ditangani dia. Chat yang masuk BBM ditangani kakaknya.
.
Contoh lain, akun FB Buku Pagi, dikelola oleh pasangan muda Suami-Istri. Mereka kerja bareng.
.
Contoh lain, akun IG @Djiwabook yang follower nya sudah lebih dari 12K. Mereka dua sejoli muda, pacar. Mereka kerja bareng, bagi tugas. Dengan follower yang cukup banyak itu, otomatis orderan buku selalu banyak. Kalau tidak kerja bareng, pasti kewalahan....
.
3. Rutin Promo.
.
Kalau kerja sendiri, saat Anda sedang sibuk pasti Anda tidak sempat posting promo. Padahal, pelanggan Anda biasanya menunggu promo-promo buku terbaru dari Anda. Maka, ajaklah teman baik Anda yang punya pasion menyalurkan buku, untuk gabung dengan Anda. Jadi "akun khusus jualan" sangat penting untuk dibuat agar bisa di-admini oleh beberapa orang.
.
Misal Anda sibuk, coba tugas posting buku-buku diwakilkan ke teman Anda atau adik Anda. Tinggal diatur saja, nanti kamu dengan temanmu bagaimana sistem bagi hasilnya. Atau bagaimana nanti kamu kasih uang jajan buat adikmu yang telah membantumu posting banyak foto buku.
.
Teman saya, Muza, dia jualan buku di tokopedia dan bukalapak. Dia memberdayakan teman-teman kampusnya untuk mempromosikan buku. Dia membayar teman-teman nya yang diberi tugas upload buku di tokopedia dan bukalapak setiap hari. Postingannya yang sudah banyak, membuat tokonya di tokopedia dan bukalapak laris semua.
.
Muza juga mengajak pacarnya untuk menangani order yang masuk.
.
4. Pintar-pintar cari partner
.
Jangan ajak teman yang yang punya banyak kegiatan dan sibuk oraganisasi buat kerja bareng Anda. Yang punya banyak link itu Anda "manfaatkan" saja buat endorse atau mempromosikan kontak toko online Anda agar semakin dikenal.
.
Sementara untuk membantu kerja teknis Anda adalah teman yang punya waktu selo. Adalah teman Anda yang rajin kerja,  butuh kerjaan, butuh uang saku: bukan teman yang suka hura-hura.
.
Rekrut teman yang buat bantu kerja Anda bukanlah teman yang sedang berada di semester-semester sibuk. Bisa saja rekrut teman kos yang sudah semester atas, teman kos yang tinggal nunggu wisuda. Atau saudara Anda yang nganggur.
.
5. Latih skill partner Anda secara kontinyu
.
Berikan gambaran detail tugas-tugas yang mesti dikerjakan partner Anda. Berikan tips-tips agar pekerjaan bisa digarap dengan praktis dan efisien. Evaluasi jika ada kekurangantangkasan dalam bekerja. Langkah-langkah kerja untuk partner Anda sebaiknya ditulis dan disimpan. Jika suatu saat partner Anda "pergi", Anda tinggal copy paste tulisan job description dan berikan kepada partner baru.
.
Ajak dia sharing, untuk maju bersama....
.

Jogja, 30 Desember 2016.

0 komentar:

Posting Komentar

Write here, about you and your blog.
 
Copyright 2009 Menulis dan Mengekalkan Kenangan All rights reserved.
Free Blogger Templates by DeluxeTemplates.net
Wordpress Theme by EZwpthemes
Blogger Templates