RSS

Agar Mudah Cek Stok dan Tahu Harga Buku

Agar Tahu Harga Buku dan Mudah Cek Stok
.
.
.
Jika kawan reseller tanya stok dan harga buku dari penulis terkenal dan buku tersebut merupakan buku laris (tiap hari laku banyak), tentu biasanya saya hafal harga dan tahu update stoknya. Namun, ketika saya ditanya jawabannya lama, reseller cek harganya bisa lihat dulu di katalog yang sudah saya bagi-upload-kan di grup chat. Silakan dicek judul, penulis, penerbit, jumlah stok. Setelah cek, barulah Anda sampaikan ke pelanggan.

Kalau reseller susah mengakses katalog di Ms. Excel (karena sedang online bukan via PC), reseller bisa pakai cara lain. Misalnya lewat googling, cek di web gramedia.com, di bukukita.com atau di web nya penerbit tersebut (misal Divapress-online.com, bukurepublika.id, pustakapelajar.co.id, dan lain-lain).

Jualan buku online, terutama jualan online di media sosial keniscayaannya adalah kita ditanyai buku yang beraneka macam (dari buku belum terbit, buku baru sampai buku lama, dari buku yang mudah sampai buku yang susah: misal terbitan luar negeri, buku lawas/sudah tidak cetak ulang). Nah, biasanya pelanggan mayoritas kalau mau order buku yang disampaikan adalah "judul" dan "penulis" nya saja. Yang lebih parah (menurut saya), yang disampaikan cuma judulnya saja. Kalau identitas buku yang dicari tidak lengkap, dikhawatirkan nanti buku yang kami sodorkan itu tidak sesuai keinginan pelanggan. Selain itu, cek stok dan harganya juga jadi agak lama. Sebaiknya reseller, selalu mengarahkan/membimbing pelanggan agar selalu menyampaikan "judul", "penulis" dan "penerbit" nya jika ia mau order buku. Jika pelanggan cuma kasih tahu "judul" saja (mungkin dia lupa nama penulisnya), atau cuma kasih tahu "judul" dan "penulisnya" saja, langkah selanjutnya reseller mesti googling/searching nama penerbit buku itu. Jika sudah dapat, barulah identitas lengkap buku itu disetorkan kepada saya. Nanti saya bantu cek stok dan harganya. Kalau itu dari penerbit ternama/mayor dan biasanya menyuplai ke Jogja, pasti kami bisa menyediakan. Tinggal pelanggan fix order atau PHP? :D

Kalau kita googling, biasanya banyak sekali variasi harga yang ditawarkan oleh bermacam-macam toko online. Ada yang jual harga diskon, harga normal, ada pula yang jual diatas harga normal. Untuk diperhatikan, harga normal yang sesui itu biasanya ada di gramedia.com dan bukukita.com. Contohnya, novel "Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin" karya Tere Liye, harga normal di gramedia.com 53.000 (harga normal itu harga yang dicoret, angka merahnya itu harga setelah diskon).

Saya sarankan pada reseller untuk lebih intens promosi buku-buku laris yang stoknya memadai, selama buku itu ada di katalog dan ada di kronologi/album FB saya (kalau di katalog ada, di FB gak ada, reseller boleh download saja fotonya via googling). Daftar buku yang kami jual sudah ada di katalog, selain itu memang masih banyak juga yang tidak dicantumkan di katalog (karena keterbatasan kami). Jadi reseller boleh tanya atau membantu mencarikan request pelanggan... namun, semestinya infokan dulu kepada kami identitas bukunya secara lengkap, meliputi: judul, penulis, penerbit (lebih bagus lagi dicantumkan kota terbit dan tahun terbitnya). Kelihatannya ribet ya? Sekadar googling saja ribet, apa lagi kami di sini yang main di lapangan? Hehe.

Sampai saat ini banyak juga reseller tanya buku yang kurang spesifik. Jadi maklum ya bila saya jawabnya lama (banget) dan bahkan gak dijawab. Jika yang tanya buku langka dan identitas buku kurang lengkap satu dua orang, mungkin saya bisa sediakan waktu dan tenaga buat googling dulu. Tapi yang tanya semacam itu ada puluhan reseller plus puluhan pelanggan: saya bisa kewalahan. Nanti pelanggan lain yang buku-buku pesanannya mudah malah tidak tergarap. Jadi lebih enak, efektif, efisien dan produktif jualan dan promo buku yang mudah dan stok nya memadai. :)


Sekian dulu sharing dari saya. :)

Semoga semua reseller di grup ini semakin sukses, produktif dan terus berperan mencerdaskan kehidupan bangsa. :)

Terima kasih atas perhatiannya. :)

0 komentar:

Posting Komentar

Write here, about you and your blog.
 
Copyright 2009 Menulis dan Mengekalkan Kenangan All rights reserved.
Free Blogger Templates by DeluxeTemplates.net
Wordpress Theme by EZwpthemes
Blogger Templates