RSS

Tiga Hal yang Membuatmu Dikejar Orderan Buku dari Facebook


1. Berapa Teman FB-mu?

- Tika Aprilia Widjaya 4929 teman
- Dinda Kurnia Santi 3.544
- Fahmi SurizQi 3.200
- Diniar Nur Fadhilah 3.128
- Vikoh Siovi 1.103
- Alfan Farhani 792
- Afzal Nur Iman 736
- Yuli Purwani 594
- Mirza Himawan 523
- Muhammad Fatkhur 500
- Rio Rinaldo Agusshandy 50
- Sutri Cahyo Kusumo 6

Nah, kalau teman FB-mu baru sedikit, otomatis yang lihat postingan promosimu juga sedikit. Kalau teman FB-mu banyak, yang lihat postingan promosimu juga banyak (asalkan teman FB-mu mayoritas hobi baca juga ya. :D). Kalau banyak yang lihat promosimu dan kemudian pada tertarik: siap-siap, mereka bakal order dan transfer. ;)

Menurut saya, semua teman di sini nanti pasti jualannya laris semua. Namun, butuh proses, ketekunan dan kesabaran. Jualan buku pasti laku! Pelajar, mahasiswa, guru, dan orang-orang yang mau belajar pasti butuh buku, dan mau membeli buku. :)

Kesabaran dan ketekunan itu bentuknya seperti tiap hari upload minimal 30 foto buku (pagi 10 foto, siang 10 foto, malam 10 foto). Bukan hanya upload, kita juga mesti rajin add teman-teman yang hobi baca alias orang-orang yang sesuai dengan target market kita. Bagi yang teman FB nya baru 3.000 atau kurang, harus nambah teman terus sampai full 5.000 orang. Per hari menambahnya cukup 50 orang. Kalau lebih dari 50 orang, kadang kena peringatan oleh sistem Facebook. Nambah temannya juga jangan terlalu agresif. Setelah nambah beberapa teman, selingi dengan aktivitas lain. Misalnya  update status, komen-komen dan kasih like di status teman.

2. Di Mana Target Marketmu Biasa Berkumpul?

Mereka biasanya berkumpul di grup FB. Misalnya di grup "Jual Beli Buku Online (Baru-Bekas)", anggota grup ada > 19.500 orang. Ada juga grup "Jual Beli Buku Indonesia" (> 6.400 member), "Gudang Pemulung Buku Dan Dokumen" (> 17.000 member), "Novel Bookstore" (5.953 member), DLL.

Coba Anda masuk grup tersebut. Lalu amati postingan-postingan yang ada di grup. Orang yang posting cari buku mesti Anda add. Lebih mantap lagi; Anda sapa via komentar dan inbox fb. Jika Anda punya buku yang dicari orang tersebut, maka tawarkan ke dia. Kalau gak punya, coba bantu orang itu dengan mention penjual buku terpercaya yang (kira-kira) punya buku itu. Misal di grup ada penjual buku yang lagi promo barang bagus dan dikomentari banyak orang: orang yang pada komentar (positif) mesti di add. Misal di grup lagi ada yang lelang, kemudian banyak yang komentar pasang harga. Orang-orang tersebut berarti suka baca dan punya daya beli yang tinggi. Add lah mereka. Mereka adalah target market yang aduhai. :D Misal sewaktu-waktu Anda promo buku, kemungkinan besar mereka juga akan melirik jualan bukumu. ;)

3. Siapa Penulis Favoritmu? Apakah Dia Juga Punya Akun Facebook?

Misalnya Mas Fahmi penulis favorit nya Ippho Santosa. Ippho tentu punya Akun FB. Namun beliau menjalin interaksi kepada 'fans' lebih intens via Fanpage. Fanpage Ippho kini sudah di like oleh lebih dari 650.000 orang. Tiap hari Ippho selalu sharing informasi dan motivasi. Postingannya selalu banyak yang like dan komentar. Orang yang komentar, silakan di Add. Jalin pertemanan dan interaksi yang baik (nanti bakal terjadi transaksi demi transaksi. *Eaaa).

Mas Afzal penulis favoritnya Gus Mus. Maka dicoba, Akun beliau dikepoin/stalking di lini masanya beliau. Orang yang rajin komentar di situ coba di add. Gus Mus punya Akun FB personal, tiap statusnya biasanya dikomentari puluhan sampai ratusan orang dan di like hingga ribuan orang.... Kalau kiriman pertemanan sudah pada dikonfirmasi, kita jangan sampai lupa: rajin like dan komentar status mereka. Tujuannya untuk menjalin persahabatan, menjalin kedekatan dan keakraban. Kalau sudah begitu, otomatis mereka juga bakal balik memperhatikan kita. Misal yang pas diperhatikan adalah postingan buku-buku karya Gus Mus, kemungkinan besar mereka mau dan senang membeli bukunya lewat kita.

***

Sekian dulu sharing dari saya.

Semoga bisa dipraktikkan dan bermanfaat...

0 komentar:

Posting Komentar

Write here, about you and your blog.
 
Copyright 2009 Menulis dan Mengekalkan Kenangan All rights reserved.
Free Blogger Templates by DeluxeTemplates.net
Wordpress Theme by EZwpthemes
Blogger Templates