RSS

Panduan Kerja Admin @rindu_buku

1. Mengelola akun Instagram @rindu_buku (password: omzet1milyar, email: amriops@gmail.com). Menjawab komentar pelanggan, DM, SMS/WA.

2. Dalam sehari upload minimal 30 foto buku yang berbeda-beda (pagi upload 10 foto, siang 10 foto dan sore/malam 10 foto). Foto yang akan diposoting ke Instagram bisa download dari Facebook Amin Sahri atau download via googling (yang penting judul buku itu ada di dalam katalog yang akan saya kirim ke admin via inbox FB/email).

3. Dalam satu minggu, saya memberikan libur-upload-foto satu hari kepada admin. Nanti admin lapor pada hari apa ia mengambil libur-upload.

4. Saya menggaji admin per bulan Rp. 500.000. Jika penjualan di Instagram sedang ramai, admin akan dapat tambahan bonus. Jika admin kadang absen upload, maka ada pemotongan gaji, Rp. 7.000 per absen. Saran saya, ketika admin sedang sibuk, sebaiknya ia minta bantuan teman yang terpercaya buat bantu upload.

5. Soal harga buku. Harga normal buku 50.000 atau kurang, kita kasih diskon ke pelanggan 5%. Harga normal buku 51.000 atau lebih, kita kasih diskon 10%. Harga nanti cek di katalog. Atau jika sedang jauh dari jangkauan laptop, bisa cek di gramedia.com, bukukita.com, togamas.co.id, atau via web lain yang kredibel.

6. Identitas buku. Jika ditanya pelanggan isinya tentang apa, reseller tinggal copy-paste sinopsis buku via googling atau di bukukita.com. Jika googling nanti akan ketemu Judul, Penulis, Penerbit, Jumlah Halaman, Kota Terbit, Tahun Terbit, Dimensi/ukuran buku, dan lain-lain.

7. Ongkir. Ongkir admin sebaiknya cek ongkir di aplikasi Raja Ongkir karena lebih cepat (download dulu kalau belum pasang). Bisa juga cek via web cektarif.com.

9. Ekspedisi. Ekspedisi yang kita sering pakai adalah Pos dan JNE. Nanti pelanggan kita kasih info: jika kirim via pos Ongkir segini, via JNE segitu. Ekspedisi yang tarifnya murah adalah Pos. Kadang JNE juga murah, khusus tujuan ke kota-kota besar dalam Jawa.

10. Perkiraan berat buku. Kita mesti tahu berat buku jika kita ingin tahu ongkir.  Biasanya 1 kg itu muat 3 buku/novel yang tebal standar (kertas bookpaper, 300-an halaman). Kalau 1 buku dengan tebal 300-an halaman, beratnya sekitar 300 gram. Kalau 1 buku lebih baik kirim via Pos (lebih murah dari ongkir 1000 gram). Jika via JNE, berat 50 gram, 100 gram, 200 gram tetap saja dihitung ongkir 1 kg. Hal baiknya, berat 1300 gram, oleh JNE masih dihitung 1 kg. Rumus sederhana untuk tahu berat buku yakni, mengalikan jumlah halaman dengan 0,9 (jika kertas bookpaper). Jumlah halaman kali kan dengan 1,1 jika kertas HVS putih. Jika bingung, list saja pesanan pelanggan dan kasih ke saya, nanti saya yang menimang dan menimbang bukunya.

11. Nomor resi. Nomor resi kadang ditanyakan oleh pelanggan. Cari amannya, setiap habis kirim paket buku, resi harus kita chat-kan ke pelanggan. Infokan kepada pelanggan bahwa resi paling cepat dikirim setelah 1 hari (jika pelanggan maksa cepat, bilang saja: saya hanya admin, ada tim sendiri yang bagian kirim paket dan nomor resi, itu sudah sistem).

12. Info stok dan harga buku. Nanti admin akan saya beri beberapa kontak orang toko, distributor dan penerbit untuk cek stok dan harga buku.

13. Melayani reseller. Reseller biasanya sering tanya stok dan harga buku. Admin nanti membimbing reseller untuk membiasakan diri setor buku yang dicari itu mesti disertai dengan 3 identitas pokok buku: 1) Judul 2) Penerbit 3) Penulis. Jika reseller bandel atau males mencantumkan penerbit, admin bisa cari via googling. Googling ini khusus cek buku-buku langka atau yang belum ada di katalog. Jika admin sudah tahu di katalog ada stok, admin tinggal kasih info ke reseller bahwa barang nya ada dan harga nya sekian. Jika di katalog stok cuma 2 atau 3 eksemplar, admin sebaiknya tanya via kontak orang toko, distributor dan penerbit (nanti saya jelaskan lebih lanjut). Atau tanya ke saya.

14. Nomor rekening.
Pembayaran buku via transfer bank.
Transfer ke:
BRI 175301000377534
BNI 0354425001
BCA 0373685850
BRI Syariah 1020908587

Semua atas nama Amin Sahri.

15. Bukti transfer. Pelanggan harus diminta mengirimkan lebih dulu bukti transfernya. Itu sudah sistem dan prosedurnya.

16. COD. Kadang pelanggan ada yang minta COD. COD hanya dilayani di sekitar kampus UIN Sunan Kalijaga.

17. Infokan kontak chat admin (WA, Line, BBM, dll) kepada saya. Nanti saya juga akan mengenalkan dan mengirim kontak para reseller kepada admin.

18. Hari kerja normal saya Senin-Sabtu (admin tinggal beradaptasi). Senin-Jumat pukul 09.00-20.00. Sabtu 09.00-14.00. Minggu libur.

19. Infokan nomor rekening admin. Minggu pertama kerja saya beri gaji sebagian di depan sejumah Rp. 100.000. Sisa gaji pokok Rp. 400.000 akan diberikan pada akhir bulan.

20. Keterangan wajib di Instagram. Jika posting ke instagram, admin minimal mencantumkan harga buku, hastag judul buku, hastag penulis (hastag lain yang relevan silahkan juga dicantumkan jika admin sempat, misal #jualbuku #jualbukumurah #novel #novelbestseller #JualNovel, dll).

21. Penjelasan-penjelasan lainnya akan diberikan sambil jalan.

Kerja Admin dimulai tanggal 1 September 2016. Jika pengelolaan admin bagus, akan dilanjutkan lagi kerja samanya ke bulan berikutnya.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Ini masih buka lowongan?

Posting Komentar

Write here, about you and your blog.
 
Copyright 2009 Menulis dan Mengekalkan Kenangan All rights reserved.
Free Blogger Templates by DeluxeTemplates.net
Wordpress Theme by EZwpthemes
Blogger Templates