RSS

Cara dapat banyak teman yang sesuai target market

Cara dapat banyak teman yang sesuai target market

Berapakah teman FB-mu? 1.000? 2.000? Nah, kalau baru segitu, kamu mesti nambah-nambah teman biar makin banyak orang yang berpotensi beli buku ke kamu. Tambahkan lah teman sampai 5.000. Namun jangan asal nambah. Harus tambahkan teman-teman yang punya pasion sama denganmu. Atau pilih-pilih teman yang sesui dengan target marketmu. Misal kamu punya produk buku. Add-lah Orang-Orang yang suka baca buku. Kita bisa menemui mereka di grup-grup jual beli buku, grup kepenulisan, fan page penulis ternama dan lewat jalur lainnya.

"Toko Asma Nadia" adalah salah satu grup FB yang banyak "penggila buku"-nya. Jika ada member grup posting dan komentar yang menunjukkan antusiasme terhadap buku: maka add-lah. Lalu, like-lah status-status mereka, kasih like yang banyak. Komentari juga status mereka. Tujuannya, agar mereka balik memberi perhatian pada kamu. Lalu mereka konfirmasi pertemanan. Jika sudah berteman, secara otomatis postingan/update-an promo bukumu akan sering muncul di beranda si teman baru tadi.

Biasanya orang yang suka buku kan tidak hanya mengoleksi karya satu penulis. Di grup ini, pasti banyak juga yang suka baca-baca buku karya penulis terkenal yang lain. Yang suka buku-bukunya Asma Nadia, kemungkinan besar juga suka bukunya Habiburrahman elshirazy, Andrea Hirata, Tere Liye, Salim A. Fillah, DLL.
***

Selain cari target market via grup-grup yang FB yang relevan, kita bisa juga dengan meng-add akun-akun nya para penulis buku. Selepas itu, kita add teman-temannya para penulis buku itu. Hal ini telah sering saya lakukan. Salah satu contohnya, aku meng-add Akun Fb penulis Arafat Nur.


Arafat Nur termasuk novelis yang karya-karyanya best seller. Dia punya judul; Lampuki (novel pemenang DKJ 2010), Burung Terbang Di Kelam Malam (sudah diterjemahkan ke bahasa Inggris), Tempat Paling Sunyi, Dan Lain-lain. Saat Arafat update status atau posting foto bukunya, biasanya ada teman-teman Fb nya yang komentar: aku ingin beli bukunya, bagaimana caranya? Jika kebetulan saat online facebook saya melihat komentar-komentar itu, maka saya add orang itu. Saya sapa dia via inbox dan saya tawarkan buku yang dia cari. ***

0 komentar:

Posting Komentar

Write here, about you and your blog.
 
Copyright 2009 Menulis dan Mengekalkan Kenangan All rights reserved.
Free Blogger Templates by DeluxeTemplates.net
Wordpress Theme by EZwpthemes
Blogger Templates