RSS

Update Ongkos Kirim (Ongkir)

Soal jasa ekspedisi, saya lebih sering menggunakan Pos Indonesia dan JNE. Sebab, agen 2 ekspedisi ini lah yang lokasinya paling dekat dengan tempat saya.

Kini saya membersamai 50-an reseller reguler dan reseller freelance. Pertanyaan ongkir sering muncul. Agar lebih praktis (dan saya tidak kewalahan), disarankan agar reseller cek ongkir sendiri lewat website cektarif.com atau download aplikasi "Raja Ongkir".

Biasanya 3 buku dengan tebal standar (300-an halaman) beratnya 1 kg. Perihal yang perlu diperhatikan/dipertimbangkan yaitu jika pelanggan cuma beli 1 buku dan berat buku itu 500 gram/kurang, maka lebih baik dikirim via Pos (lebih murah dari ongkir 1 Kg, namun jika via JNE tetap dihitung ongkir 1 Kg). Jika pelanggan beli 4 buku berat 1200 gram, kadangkala lebih hemat jika dikirim via JNE (masih tetap dihitung ongkir 1 Kg, namun jika via Pos masuk kategori Ongkir 1500 gram).

Jenis layanan pengiriman via Pos yang paling sering saya gunakan adalah Pos Kilat. Jika pelanggan request kirim via layanan Pos Express, maka ia harus transfer dan konfirmasi transfer maksimal pukul 11.00 (namun, jika yang dipesan merupakan buku langka atau buku yang dapatnya susah/lama, maka baru bisa kirim via Pos Express-nya pada esok hari). Pengiriman "paling menguntungkan" pelanggan (sangat hemat) bisa terjadi jika pelanggan membeli buku dalam jumlah banyak (minimal total berat buku 2100 gram), ongkirnya bisa lebih murah sampai 70% dibanding Pos Kilat.

Jika pelanggan lebih suka jasa pengiriman JNE, saya mengarahkannya dikirim via layanan JNE Reg (khusus pulau Jawa). Jika pelanggan luar Jawa, saya memberikan pilihan via JNE Reg atau via JNE Oke. Jika pelanggan minta dikirim via JNE YES (Yakin Esok Sampai) maka ia harus transfer dan konfirmasi transfer maksimal pukul 15.00.

Tarif ongkir Pos ada PPN-nya. Jadi tarif yang muncul di cektarif.com atau "Raja Ongkir" itu belum tarif ongkir sebenarnya. Jadi silakan, nanti teman reseller tinggal menambahkan Rp. 500. Saya membuat kebijakan range tarif Rp. 10.000 - Rp. 29.500 itu ditambah Rp. 500. Untuk tarif dalam Range Rp. 30.000 - Rp. 49.500 saya yang menanggung PPN-nya, jadi nanti reseller menginformasikan ke pelanggan tarifnya sesuai yang muncul di cektarif.com atau "Raja Ongkir". Khusus kiriman ke luar Jawa yang tarif per Kg senilai Rp. 50.000 atau lebih, saya memberikan subsidi ongkir 10% jika pelanggan membeli buku minimal 3 eksemplar. Jika pelanggan luar Jawa minta dikrim via JNE Reg dan tarif per Kg nya Rp. 60.000 atau lebih saya berikan subsidi ongkir 10%, minimal pembelian 3 eksemplar (subsidi ongkir 10% tidak berlaku jika di kirim via JNE Oke atau JNE YES). Untuk pengiriman via Pos Express atau Pos Biasa nanti ada penambahan tarif Rp. 2000.

(Bersambung, pembahasan ongkir via Wahana dan NCS)

0 komentar:

Posting Komentar

Write here, about you and your blog.
 
Copyright 2009 Menulis dan Mengekalkan Kenangan All rights reserved.
Free Blogger Templates by DeluxeTemplates.net
Wordpress Theme by EZwpthemes
Blogger Templates