RSS

Ketentuan Bagi Reseller Reguler

Prolog

Sebisa mungkin saya coba membantu reseller dalam memudahkan pemasaran buku-buku. Agar penjualan buku lancar dan produktif, saya sarankan reseller untuk fokus menjual buku bagus yang "baru", "laris", "populer", "karya penulis besar", dan "dari penerbit besar/mayor/ternama".

Sejauh ini, genre buku yang paling laris adalah "novel". Sementara itu, genre buku yang keuntungannya paling besar adalah "buku kuliah" (pasarnya juga luas, dan relatif masih jarang yang menggarap). Ada banyak sekali penerbit yang menerbitkan buku-buku kuliah. Diantaranya Pustaka Pelajar dan Diva Press Group, khusus dua penerbit ini saya memberi diskon untuk reseller reguler 25-30%. Jika ada request judul buku dari pelanggan, sebaiknya reseller lebih dulu menyusun identitas bukunya secara lengkap, meliputi: "judul", "penulis", dan "penerbit" (agar memudahkan cek stok dan harganya).

Point Penting

Dulu saya pernah membuat keputusan untuk reseller, minimal dalam 10 hari mesti melakuan transaksi pengambilan sejumlah 5 buku (minimal). Namun, tidak berjalan. Sebab, repot juga bila saya menagih atau "ngoprak-ngoprak" para reseller.

Saya melakukan evaluasi lagi dan saya membuat keputusan sebgai berikut.

1. Dalam sebulan, "reseller reguler" harus mampu menjual minimal 15 buku. Jika tidak mampu menjual 15 buku dalam sebulan, maka pada bulan berikutnya posisinya dia turun menjadi "reseller freelance".
2. Reseller Reguler memperoleh harga yang sesuai tertera dalam list yang sering saya posting di grup ini. Sementara reseller freelance memperoleh harga lebih tinggi Rp. 1.000 sampai Rp. 2.000 dari harga reseller reguler.
3. Reseller yang belum bisa mencapai/mempertahankan posisi "reseller reguler" tidak lantas saya keluarkan dari grup "Reseller Rindu Buku". Namun jika ia terlihat jarang melakukan transaksi, boleh jadi posisinya di grup ini akan saya ganti dulu dengan reseller baru (karena nyaris setiap pekan selalu ada beberapa orang baru yang ingin daftar jadi reseller).
4. Status reseller freelance akan kembali naik ke reseller reguler bila dalam masa satu bulan dia mampu menjual 30 buku (bulan selanjutnya minimal mampu jual 15 buku, jika tidak sampai 15 buku, dia akan kembali menjadi reseller freelance dan mesti berjuang lagi menjual sampai 30 buku jika ingin naik level lagi).
5. Jika reseller ingin selalu aman menempati posisi reseller reguler, saya memberi tawaran agar reseller kulakan beberapa buku "laris" untuk menggenapi target 15 buku per bulan. Misal sudah hari ke 29 namun reseller baru menjual 10 buku. Agar bulan depan posinya tidak turun ke reseller freelance, lebih baik dia kulakan 5 buku laris untuk stok (yakinlah, besok pasti laku semua, gak bakal rugi).

Keputusan ini berlaku mulai 15 Juli 2016.


Ttd

Amin Sahri

0 komentar:

Posting Komentar

Write here, about you and your blog.
 
Copyright 2009 Menulis dan Mengekalkan Kenangan All rights reserved.
Free Blogger Templates by DeluxeTemplates.net
Wordpress Theme by EZwpthemes
Blogger Templates